Pasang AC

Akhirnya salah satu impian gua terwujud juga: pasang AC di rumah. Emang sih di rumah Cipondoh pernah pasang AC bekas sodara (AC window), tapi sekarang dah ga pernah dinyalain soale listriknya gede. Jadilah ketika punya rejeki, gua beli AC yang watt-nya kecil. Emang buat pasang di kamar rumah gua yang mungil (tipe 31, belon di-upgrade). Setelah browsing2, jadilan pilihan gua untuk memilih AC dengan spek 1/2 PK. Kalo liat2 di carrefour, ada juga koq panduan milih PK-nya berdasarkan ukuran ruangan.

Listrik rumah gua juga belon di-upgrade, masih 900 VA jadi diusahain sih nyari AC yang watt-nya sekitar 350-an (biar kuat nyalain kulkas, TV, air, dll). Di deretan branded sih banyak pilihan: Sharp, Samsung, dll… tapi watt-nya gua rasa masih cukup tinggi buat AC dengan 5000 Btu (1/2 PK): 390 watt. Tapi setelah dikomporin mbak2 salesnya, dan bini juga naksir sama model n fitur nih AC, gua mutusin untuk milih Panasonic CS-KC5NKJ. Kalo menurut mbak2nya sih ni harga aslinya 3.5 juta, tapi sekarang lagi diskon jadi 3.2 juta. Buset, mahal bener… kalo dibanding2in dengan AC 1/2 PK branded lainnya yang harganya cuman 2.5 jutaan (watt-nya masih 390 watt). Tapi ya pertimbangan gua sih watt-nya yang lebih kecil n nih AC langganan kantor2, jadi suku cadang lebih terjamin lah. Tambahan dari mbak2 Carrefour-nya, kalo milih AC branded, bisa masang hari minggu (kalo AC lain cuman bisa hari kerja). Ya mungkin juga sih ni Carrefour ngasih harga sedikit mahal soale ongkos pasangnya gratis. Note dari mbak2nya, ga totally gratis, soale masih harus nambah harga2 kaya kabel ini dan itu… well, OK.

Akhirnya sabtu sore barang dianter (jadwal pasang besok minggu). Sempet ada kejadian barang ketuker, sama kurir Carrefour gua dikasih AC Panasonic CS-KC9NKJ. Tapi setelah tuh kurir kabur, gua periksa2 lagi (gatel, ga bisa liat barang baru) gua bongkar dan ketahuan bahwa itu AC 1 PK (9000 Btu). Untung sih, cuman listriknya gede banget, sampe 600-an. Dah gitu kan repot kalo dah kepasang, si kurir minta tuker. Akhirnya gua telepon di kurir buat balik, nuker AC-nya. Ternyata laku juga nih AC Panasonic. Kebetulan hari itu dia juga lagi nganter AC Panasonic dengan tipe yang sama (beda power aja).

Besoknya gua nungguin tuh tukang AC (dijanjiin ma mbak2 Carrefournya, pasang pagi), tapi dah jam 2 tuh orang ga dateng juga. Akhirnya gua nelepon tukang AC-nya (ditulisin di bon) ternyata sore. Setelah nunggu berpanas2… (dengan bayangan AC dah kepasang, pasti adem nih) Eh taunya, sorenya ujan deres n lama bener. Nelepon balik tukang AC, dapet kabar ternyata ga bisa masang sekarang karena ujan. Akhirnya gagal deh pasang AC hari itu. Karena hari kerja ga kita ga bisa (ga ada orang di rumah), akhirnya tuh AC baru dipasang hari jum’atnya (pas hari libur)

Akhirnya di hari jum’at tuh teknisi dateng (bedua, pake motor) mereka pasang2, manjat2, malu2 (memalu-memalu) minta tambahan 200ribuan (buat kabel, colokan, plester, dll) n karena masangnya rapi n ga minta yang aneh (gua khawatir aja soale wa ga punya tangga, tapi ternyata mereka kreatif manjat2nya pake tong sampah n manjat pake pundak), dah gitu semua permintaan gua soal lokasi n dll mereka bisa penuhin, gua tambahin 150 lagi deh buat tip. Dan sekarang… Alhamdulillah, walopin sempet listik turun, siang2 dah gak kepanasan lagi walopun kalo sore tuh sinar matahari langsung nyolot ke kamar.

Leave a Reply

