Belajar Mobil

Sabtu kemarin, setelah berbulan-bulan bini gua nyruruh gua belajar mobil, akhirnya dia berhasil untuk membuat gua ngedatengin tempat kursus mobil buat ikutan kursus. Rencananya emang kami pengen punya mobil, walaupun harus mulai dari nol untuk ngumpulin DP 30 juta (red: kabar terakhir, pemerintah membatasi DP mobil minimal 30%. Jadi kalau mobil inceran harganya 150 juta, harus nyiapin DP 45 juta? kampret!)

Tapi ga papa lah, mana tau ada rejeki nomplok di dada, jadi bisa prepare dulu lah. Setelah nyuci motor n ke bengkel, kami pun menyambangi tempat kursus mobil yang ada di perempatan Cipondoh (depan pintu air rawa). Tetapi apalah daya, sesampainya di sana, yang jaga warungnya lagi tidur (ditutupin buku, seperti gaya anak sekolah disuruh belajar tapi malah tidur). Pengen ngebangunin, tapi bini gua bilang “Ah, tempatnya ga meyakinkan. Cari tempat lain aja lah.”. Kami pun kembali menyusuri jalan untuk mencari tempat kursus lain terdekat. Akhirnya ketemu juga tuh tempat kursus (dapetnya di daerah Banjar Wijaya), namanya Talenta.

Kami masuk, dan mbak-mbaknya di sini ternyata tidak tertidur dan menyapa kami ramah. Setelah tanya-tanya sotoy, kami disodori brosurnya. Paket weekdays 390 ribu, paket weekend 410 ribu, paket malam 430 ribu. Semuanya 7 x 1 jam pertemuan praktek (ga pake teori?), hanya dikasih ijin (skip) 2x… lebih dari itu dianggap masuk (angus). Akhirnya setelah melakukan rapat luar biasa dengan bini di hadapan mbak-mbak kursus mobil, kami pun memutuskan untuk memilih paket weekend. Dan ternyata, dari slot waktu 07:00 – 16:00, yang tersedia hanya jam 14:00, akhirnya hari itu juga aku putuskan untuk ikutan (DP 230 ribu). Oh ya, di brosur itu juga dicantumin setiap pertemuan diharuskan memberi tip 10 ribu buat gurunya… Ada juga biaya bikin sim C (kalo mau) sekitar 500 ribuan, ke kantor polisi tinggal potret aja katanya. Mobil yang digunakan nanti adalah Xenia manual, boleh lah nih mobil pasaran yang lumayan gede, cocok buat belajar.

Jam 14:00, kami menyambangi kembali tempat kursusnya. Ternyata sama mbak-mbaknya aku di suruh langsung ke mobilnya. Dan sama mas-masnya di sana, aku disuruh langsung masuk duduk di kursi supir (set dah, ni apa ga takut gua tabrakin apa mobilnya?), mana tuh mobil parkirnya di pinggir jalan raya yang lumayan rame lagi. Ah pede aja lah… Walopun gua ini orangnya pemalu, tapi kalo ada bini sih diberani-beraniin aja, hehehe. Bini gua pengen ikut katanya sekalian belajar, sip deh, tambahan moral juga buat gua.

Pertama masuk, langsung diinterview singkat seputar pengalaman naik mobil. Terus pengenalan gigi (posisi 1-5, sen kiri kanan, gas-rem-kopling, spion) hingga tibalah saatnya gua dikasih kunci tuh mobil (eng ing eng): pasang seatbelt… masukin kunci… injek kopling… puter kunci (nyalain mobil)… lepas rem tangan… sen kanan… liat spion. Lepasin kopling pelan-pelan sambil gua gas… bleb! mati tuh mobil, hehehe. Ternyata kata masnya gua terlalu cepet ngelepas kopling dan nggak usah digas dulu. Oke, kita ulangi lagi… injek kopling… puter kunci… lepas kopling pelan-pelan, ga usah digas dulu… ternyata tuh mobil dah jalan (beda sama motor, lepas kopling kalo ga digas pasti mati), gas dikit-dikit (masih ndut-ndutan kurang mulus jalannya), di suruh berenti sama dia. Diulang lagi dari awal, sampe udah jalan, disuruh naikin gigi jadi 2, ambil jalur kanan. Nah di gigi dua, ngelepas kopling rada enak dan ga gampang mati kaya waktu masih gigi 1.

Yippie, inilah pertama kalinya gua bawa mobil beneran, setelah 32 tahun hidup di dunia yang fana ini. Seneng banget gua dan kalo udah jalan sih ga gitu ribed koq, yang penting ikutin patokan di jalan n ngira-ngira lebar mobil aja. Soknya gua ini… padalah sama instrukturnya beberapa kali jalur gua dikoreksi karena terlalu ke kiri atau ke kanan, heheh. Eh ya, tau nggak? di tempat duduk penumpang depan juga ada pedal tambahan, hehehe, buat jaga-jaga kalo muridnya rada-rada ngebut ato mau nabrak kali ya. Dan hingga sampailan pada pertigaan pertama.

Ternyata, ga terlalu sulit ya? (iya, karena nggak motor jalan, di pertigaan belok kiri, hehehe). Eh bener, kalo soal feeling sih nggak begitu susah… tinggal pasang patokan kira-kira lebar mobil di jalan aja, bunderan pertama pun dilewati dengan lancar, sampai datanglah polisi tidur pertama. Sempet was-was juga sih, karena takut mati lagi mesinnya kaya awal-awal. Ternyata trik-nya mudah ada, rem (tapi jangan sampe terlalu pelan) ga usah main kopling, ga usah main gas, cukup main di gigi 2 aja. Setelah lewat polisi tidur baru ga lagi deh.

Setelah itu gua disuruh jalan-berenti-jalan-berenti… (dah masuk komplek perumahan Modernland). Bener-bener susah deh nih kalo baru awal-awal jalan, feeling koplingnya belon dapet n sering mati, sampe akhirnya gua lepas juga tuh sendal (biar dapet feeling lepas koplingnya). Ternyata yang penting itu kita harus bisa ngerasain tarikan mobil, abis itu lepas abis deh (teori jauh lebih gampang daripada praktek, hehehe)

Kami pun lanjut hingga muter Metropolis (ga masuk loh ya), balik lagi jalan yang tadi, lanjut masuk ke Banjar Wijaya hingga kembali ke tempat kursus. Begitulan kira-kira rutenya kami tempuh selama sejam.

Ternyata yang susah dari belajar mobil adalah PD-nya dan feelingnya, selebihnya sih kaya naik bom-bom car aja (jangan pake nabrak lo ya) dan satu lagi, attitude tuh penting banget. Setelah belajar mobil ini gua jadi tau perasaaan naik mobil di Jakarta yang dikelilingi jutaan motor, hahaha…

Ini baru hari pertama lo, gimana kelanjutannya? We’ll see… hehehe

Tags: ,

13 Responses to “Belajar Mobil”

  1. Logonui.exe Memory usage Says:

    Howdy! I could have sworn I’ve visited this blog before but after
    going through some of the articles I realized it’s new to me.
    Anyhow, I’m certainly happy I discovered it and I’ll be book-marking it and checking
    back often!

  2. ws2_32.dll download Says:

    It’s appropriate time to make some plans for the future and it’s
    time to be happy. I have read this post and if I could
    I desire to suggest you some interesting things or suggestions.
    Maybe you could write next articles referring to this article.
    I want to read even more things about it!

  3. WatAdminSvc.exe Says:

    I know this if off topic but I’m looking into starting my own blog and was wondering what all
    is required to get setup? I’m assuming having a blog like yours would cost a
    pretty penny? I’m not very web savvy so I’m not 100% certain. Any recommendations or advice would be greatly appreciated.
    Thanks

  4. imapi.Exe virus Says:

    Hey there! Would you mind if I share your blog with
    my twitter group? There’s a lot of people that I
    think would really enjoy your content. Please let me know.
    Thanks

  5. psapi.dll Says:

    Excellent post. I absolutely appreciate this website.
    Thanks!

  6. nvd3dum.dll Nvwgf2um.Dll Says:

    Hello I am so grateful I found your site, I really
    found you by mistake, while I was looking on Yahoo for something else, Anyhow
    I am here now and would just like to say thank you for a marvelous post and a
    all round enjoyable blog (I also love the theme/design), I don’t
    have time to read it all at the moment but
    I have book-marked it and also added in your RSS feeds, so when I have time I will be back to
    read more, Please do keep up the awesome job.

  7. sndrec32.exe Says:

    Great blog here! Also your website rather a lot up fast!
    What web host are you using? Can I am getting your associate hyperlink to your host?
    I wish my site loaded up as quickly as yours lol

  8. Updater.exe Says:

    I’ve been browsing online more than 4 hours today,
    yet I never found any interesting article like
    yours. It is pretty worth enough for me. In my opinion, if all website
    owners and bloggers made good content as you did, the web will be a lot more
    useful than ever before.

  9. twcu.exe Says:

    I feel that is among the such a lot vital information for me.
    And i am satisfied studying your article. However should statement on some
    normal issues, The website taste is ideal, the articles is actually
    great : D. Good job, cheers

  10. WLIDSVCM.EXE Says:

    You really make it appear really easy together with your presentation but I
    to find this topic to be really something that I feel I’d by no means understand.
    It kind of feels too complicated and very wide for me. I’m taking
    a look ahead to your subsequent submit, I will try to get the dangle of it!

  11. wldcore.dll eksik Says:

    Hey there! This is my first visit to your blog!
    We are a team of volunteers and starting a new project
    in a community in the same niche. Your blog provided us valuable information to work on. You have done a wonderful job!

  12. vsmon.Exe Using Cpu Says:

    Howdy! This post couldn’t be written any better! Reading this post
    reminds me of my old room mate! He always kept chatting about this.
    I will forward this page to him. Fairly certain he will
    have a good read. Thanks for sharing!

  13. process reset.exe Says:

    Hiya! Quick question that’s entirely off topic. Do you know
    how to make your site mobile friendly? My site looks weird when browsing from my apple iphone.

    I’m trying to find a template or plugin that might be able
    to correct this problem. If you have any suggestions, please share.

    Cheers!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: