NComputing Corrupt

Minggu ini gua dipusingkan sama instalasi NComputing di MAGE yang selalu gagal. Setiap kali install pasti keluar pesan ‘unexpected end of archive’ yang pada akhirnya server NComputing’nya nggak bisa jalan.

Pertama sih gua kira ini ulah virus, karena gua nginstall dari file yang udah gua copy dari cd ke harddisk. Tapi ketika gua nyoba nginstall pake cd resmi-nya, masih aja pesan itu muncul (baca: server NComputing nggak jalan).

Internet kantor beberapa hari ini lagi mati, jadi mau googling soal masalah ini di internet nggak bisa.  Akhirnya gua keluarin jurus andalan gua ‘coba-coba’.

Percobaan pertama, gua pasang antivirus paling update sebelum nginstall NComputing. Harapan gua sih bisa menangkis virus2 yang kemungkinan besar telah membuat file NComputing jadi corrupt. Dan hasilnya… Masih nggak berubah, masih corrupted.

Percobaan kedua, gua install lagi tapi kali ini dengan membuka ‘perangkap virus’-nya AVG dan ternyata terdeteksi virus pada file logonui.exe dan kmlogoff.exe. Virusnya terdeteksi sebagai Heur oleh AVG. Logonui termasuk daftar whitelisted yang tidak bisa diganggu oleh AVG karena merupakan salah satu file penting windows. Mungkin karena virusnya sudah terlanjur masuk ke windows karena ini, mungkin juga karena inilah NComputing tidak dapat diinstall.

Kemudian aku nyoba fresh install windows-nya. Setelah install langsung pasang antivirus, moga2 berhasil…

(a few days later: it works!)

Jadi ternyata masalahnya karena virus…

Leave a Reply

