IM2 Broom Bastic

Dahulu kala, waktu awal2 jamannya internet 3G gua pernah punya paket punya Indosat 3.5G (bukan IM2). Waktu itu dahsyat banget, paket Eco dapet quota 2GB dengan biaya bulanan idr 100.000 aja. Emang sih pendaftarannya rada2 ribed kaya mau daftar matrix pasca bayar.

Tapi masa2 keemasan itu telah lewat. Modem rusak (modem murah pcmcia beli di jakartanotebook.com) tagihan jalan terus tapi ga kepake, akhirnya ga gua bayar n kartu legendaris itu pun is dead.

Kini gua berniat menghidupkan lagi internet di rumah. Pilihan yang paling praktis ya pake modem + kartu sim 3g. Sebenernya fastnet udah masuk ke komplek rumah gua, tapi karena prosesinya ribed (daftar, survey, pasang, dll) jadi males deh gua.

Pilihan pertama tentunya adalah XL, soale di pengalaman di kebon, internet XL lebih cepat dari Indosat. Dan pas gua tanya2 yang jual perdana pun kecepatan XL 384kbps (Indosat cuman 256kbps). Telkomsel? Forget it, dah banyak isu2 tentang bermasalahnya Flash, udah gitu iklannya gencar banget di mall mangga dua, jadi tambah mencurigakan (iklan jor2an = produknya ga laku?). Sebenernya yang paketnya lumayan menarik lagi adalah 3 dan smart, tapi keberadaan sinyalnya ga gitu ngerti di rumah gua. Akhirnya cari aman berdasarkan pengalaman yang sinyal 3g-nya mantep, gua pake indosat m2.

Ada dua pilihan paket yang ditawarkan ke gua, yang satu harga perdana 175ribu, bulanan 150ribu. Yang satu perdana 275ribu bulanan 200ribu. Nah loh, bisa begitu ya? Ternyata yang 150ribu per bulan itu quota 3g-nya cuman 500mb, sedangkan yang 200ribu dapet 3g. Jelas gua pilih yang 200ribu sebulan lah: im2 broom bastis unlimited.

Untuk menemani sang im2, gua memilih modem usb huawei e156 yang harganya kira2 375ribu. Kelihatannya sih barang bm, soale di bodinya tercetak logo 3 dan di kardusnya ada tulisan contract. Mungkin modem sisa2 3. Tapi gpp lah, murah meriah… Barang contract pastinya dah lewat pemeriksaan setidaknya oleh huawei dan 3.

Setting im2 emang lebih ribed dari xl. Soale harus daftar n pake username sendiri2 (xl sih tinggal pake apn n username standar internetan mereka dan bisa langsung 3g-an), tapi it’s ok, ada panduannya koq. Setelah daftar, bisa langsung pake n cek quota dan speed.

Ternyata gua termasuk boros bandwidth juga. Pake browsing2 untuk download aplikasi2 android dan file pendukung sdk-nya, beberapa bait lagu, aplikasi standar (winamp, orbit, dll) daftar imel ini itu… Dalam 10 hari, quota 3gb dah abis! Wah parah juga ya? Padahal lon dipake donlot2 video n lagu beralbum2, aplikasi2 gajah. Untung aja kemaren gua ga pilih paket yang 500mb. Kelihatannya aja banyak, tapi ludes juga.

Dan sekarang, untuk 20 hari ke depan, aku harus rela dengan speed 64kbps (setara 8kB/s). Facebook n chatting ga gitu kerasa, tapi donlot lagu yang biasanya 5 menit, jadi 30 menitan.

Masalah dengan im2? Belum ada tuh, so far so fine. Moga2 aja ga ada masalah…

Leave a Reply

