Sony Ericsson Xperia X10 Mini Pro

Ada 2 HP yang awet gua pake dah dah jadi pasangan yang kompak dalam hidup gua: SE K800i dan Nexian G900. K800i gua beli karena hobby usil motret2 di saat ga penting (dadakan) dan G900 gua beli karena kemampuan dualsim-nya.

Ternyata keduanya memiliki kemampuan lebih dari yang gua harapkan. Dengan pasangan ini pulalah gua merasa HP2 baru pun bisa dikalahin. Sebenernya ada fitur2 yang belum gua dapet dari pasangan ini:
1. Flashlight (senter)
2. OS (bisa nginstall2)
3. GPS
Iya, semua itu bisa ada di HP Blackberry (bb)… Tapi entahlah, ada banyak hal yang bikin gua ga suka bb, dari masalah RIM dengan pemerintah, ribetnya transfer file pake bluetooth, ribet kalo mau dijadiin modem, biaya langganan yang mahal, aplikasi marketnya yang matre, dan alasan lain yang entah itu beneran ato gua cari2 aja hingga gua nggak ikut2 beli bb ato Windows Mobile.

Hingga muncullah Android… OS HP berbasis Linux buatan Google, such a perfect combination. Karena berbasis open source, pastinya akan banyak aplikasi2 gratis… Dan kalau mau kreatif lagi, bisa buat sendiri aplikasinya pake App Inventor yang disediakan Google. Maka dimulailah pencarian HP Android yang pantas melanjutkan kedigdayaan K800i.

Spek yang gua cari adalah yang harganya nggak terlalu mahal. Setelah googlang-googling, dapatlah beberapa finalis:
1. Samsung Galaxy Spica
2. HTC Wildfire
3. Nexian Journey
4. Sony Ericsson Xperia X10 Mini

Sempat juga sih untuk langsung milih journey (pengalaman pake G900) tapi ternyata harganya nggak jauh2 beda, tapi begitu tau ada x10 Mini Pro yang punya keyboard qwerty, langsung pilih ini deh. Setelah browsang-browsing, pilihan makin yakin dengan adanya led flash (senter). Tapi, baru tahu deh kalo versi Android-nya baru Donut (1.6), sementara Spica n Wildfire udah Eclair (2.1). Makin tinggi versi android, makin banyak fitur baru tentunya. Misal, walaupun layar x10 series udah support sampe 16 juta warna, karena versi androidnya masih pake donut jadi hanya bisa nampilin 65 ribu warna aja. Mana kapasitas baterainya hanya 900an mAH (bandingin ma Spica yang punya baterai 1500 mAH). Mulau deh hati ini tergoda tuk cari yang lain… Tapi, dicari kemana2 pun, nggak nemu tuh hp android value yang dianugrahi led + qwerty. Eh, kemudian dapet kabar kalo x10 mini dapet award di eropa sana… Jadi teringat sama award k800i yang sempat jadi hp 3G terbaik 2006. Review2 di website pun relatif positif, drawback-nya cuman di battery n versi android yang digunakan aja. Oke, i’ve made up my mind. Sony Ericsson Xperia X10 Mini Pro is the next Telepon Umum 2.

Browsing2 di bhinneka, ternyata mereka cuman jual x10 mini, mana barangnya indent lagi (wah, laku nih…) Dan kebetulan mau cuti lebaran, pas banget nih saatnya. Duit thr dipake buat beli hp baru. Saking ngebetnya, sampe rumah jam 11, salam2 sama orang rumah; langsung ngacir ke Roxi…

Tujuan pertama adalah SE center di lantai dasar, weih? Tokonya tutup? Masih ada SE center di lantai 3… Gedubrak gedubruk sampe sana, ternyata barangnya abis! X10mp dah pada dibeli ma orang2, tinggan menyisakan x10mini. Info dari yang jual sih dah abis kira2 dua minggu yang lalu n sampe sekarang barangnya belum datang2. Jiah, makin demen aja nih gua sama x10mp… Kebetulan di toko itu ada demo unit x10mini, jadi coba2 sebentar deh. Tapi… setelah nyoba2, gua kurang nyaman sama keypad touchscreen-nya. Kalo dipake buat nulis2 panjang kaya gini pasti stres tuh. Akhirnya gua putusin ninggalin SE center, nyona nyari2 dulu (sambil bingung).

Dah ternyata, gua baru inget ada SE retail center di sebelahnya… Dan pas gua tanya, ada x10mp? Dia jawab, ada, uwih senangnya hatiku. Mau warna apa? Hitam hitam atau hitam merah? Hitam hitam aja deh,  biar cocok sama k800i. Harganya? Rp. 2.999.000 dah termasuk SD 2gb + headset. PC Companion dah ada di dalam SD. Oh iya, karena gua orangnya rada2 ‘perusak’, langsung tambah anti gores deh Rp. 50.000 di tokonya. Wew, bentuknya emang imut, tapi keyboardnya tetep nyaman. Ga sabar ngoprek2…

Sampe rumah, langsung nyoba2 explore fitur2, dan ternyata emang bener, bluetooth-nya ga bisa nerima (katanya sih gara2 masih pake donut). Setting gmail, facebook, jalan2 di android market, pulsa internet 40mb langsung abis (pake xl, jaringan 3g langsung aktif). Pengen ngaktifin internet unlimited, kata xl harus kartu baru. Wah, terpaksa aktifin paket 400mb seharga 100 ribu aja deh…

Puas banget sama android market, banyak aplikasi gratis (ad-ware) yang berguna. Astro file manager, advanced task killer, dll2. Ga sadar sampe2 belum ada seminggu, dah makan bandwidth sampe 350mb.

Seperti hp2 android lainnya, x10mp dipersenjatai juga dengan (assisted) gps, layar touch screen. Dan banyak aplikasi yang memaksimalkan fitur ini: Google Night Sky, Latitude, dll2. File2 office pun bisa dibuka bahkan ngedit (Office Suite Pro)… I’m sure there will be more to come to explore with this tiny powerful Sony Ericsson Xperia X10 Mini Pro.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: